Home » » CARA MODIFIKASI PS3 dengan COOLING FAN 12V

CARA MODIFIKASI PS3 dengan COOLING FAN 12V

berikut CARA  MODIFIKASI PS3 dengan COOLING FAN 12V.
Pada saat incu menerima servisan mesin PS3 YLOD/GLOD, Incu tentu terpikir, Akan mengerjakan pake apa? Apakah pake HOTAIR untuk me-REHOT? Atau menggunakan mesin BGA Rework Station, Untuk meREBALL? Mana yang akan incu pilih? saya saranin pake BGA Rework Station, Terserah apapun Merknya, Yang jelas, Proses Reballing akan membuat Fresh, Untuk Fixture pinout IC BGA, Karena proses REBALLING, Adalah mengganti semua SOLDER BALL yang lama, Diganti semua, Oleh solder ball yang baru, Sementara proses me-REHOT, Hanya memanaskan Timah atau Solderball yg lama, Tanpa menggantinya, dengan Timah solder ball yang baru.baca juga Custom BOOT logo untuk PS3.



 

Disinilah letak, Perbedaannya, Sementara ditinjau dari prosedur proses pengerjaan, Menggunakan BGA Rework station, menggunakan 4 system pemanasan bertingkat, Preaheatter, Soaking, Reflow dan Fast reflow, Temperatur suhu IC terawasi, Dengan adanya, ThermoCouple dan Buzzer, Oleh sebab itu, BGA Rework Station, Lebih saya anjurkan untuk dibeli, Karena disitulah letak prinsipal proses perbedaannya. Lantas jika Incu telah melakukan proses REHOT atau REBALLING, Cukupkah? Tahapan berikutnya, Incu harus memberikan THERMAL PASTA, Dan mengepressnya dengan PLAT besi yang kuat dengan menyekrupnya kuat-kuat, saya saranin, tambahin tiap PLAT, harus incu tambahin 2 keping receh 100perak-an, Untuk menambah daya tekannya, Apakah sampai disitu, saja tahapannya? Tentu tidak, Incu sebaiknya, Atau Seharusnya, Melakukan Modifikasi dari kipasnya, Kenapa hal ini, Sebaiknya dilakukan? Karena, IC yang pernah terkena YLOD ataupun GLOD, Tentu sudah, Mengalami Depresiasi penurunan kwalitasnya, Sebaiknya Faktor pendingin lebih di optimalkan, biar gejala serupa, OVER HEATING, Tidak terjadi dan terulang kembali,  Sekarang Apa yang seharusnya, Incu lakukan, Modifikasi COOLING FAN seperti apa yang dimaksud? Apakah seorang newbie, Bisa Melakukannya?



SOLUSI :

Pada saat mau YLOD, Biasanya PS3, Memberikan sebuah Sinyal  peringatan dan sebuah Tanda-Tanda, Dan Peringatan yang dimaksud adalah, Sebuah Tulisan pada pojok atas sebelah kanan, Yang akan Tiba-Tiba muncul,  Dan akan Tampil secara Otomatis Pada Display TV, Dengan menyatakan, Harap segera matikan Mesin karena mesin PS3nya, dalam Keadaan Panas berlebih atau over heating. Dan tidak hanya peringatan itu saja yang akan muncul, Incupun akan mendengar kipas yang berputar lebih kenceng,  Berbeda dengan yang terdengar biasanya, Dan langkah Mematikan PS3nya untuk istirahat, Tentu adalah langkah bijak yang sebaiknya Incu lakukan.




Tanda-Tanda YLOD, Yang paling nampak secara Fisik, Terlihat,  Pada saat kita membongkarnya, Pada sekitar IC RSX, Akan terlihat, Warna PCB kecoklat-coklatan, Tidak hijau mulus,  Dan Pada heatsinknya, Akan ada tanda-tanda warna kuning kecoklat-coklatan,  Akibat kena panas berlebih [OVER HEATING] hingga menjadikannya terlihat Gosong.


Lantas Jika setelah, Incu melakukan Rehot, Ataupun Reballing, Kok Kipas masih berputar dan berjalan dengan keras, Kenapa ya? Jawaban sederhana "Berarti NgeREHOT, Atau NgeREBALLINGnya belum bener, Belum Tuntas, Biasanya yang terjadi adalah Interferensi Frekwensi antar Fixture pada solder ball yang ngga bener, Cara benerinya Gimana? Ulangi prosesnya, Bahasa kampungnya, REWORK.!!!


Apakah Selain nge-REWORK IC RSX,  Ada IC lain,  Yang menentukan Kipas,  Hingga bergerak dengan cepat secara otomatis? Lantas,   Kok,  kipasnya berputar dengan Cepat di 12V? Apakah hanya IC RSX aja? Adakah IC RSX sudah benar,  Tapi IC lain yang menyulut sensor,  Hingga kembali memerintahkan kipas,  Bergerak dengan cepat? Tentunya pada RPM tinggi,  Dengan  tegangan 12V? Lihat beberapa IC Yang ditandai, Ukurlah dan bandingkan,  Dengan yang diterangkan pada DATASHEET/EBOOK PS3 dengan judul "SERVICE MANUAL 3rd edition.." Disitu Incu dituntut pandai menggunakan Avometer dan Osiloskop.




Jika Semua sudah diukur, Hasilnya sama dengan DATASHEET,  Dan IC RSX sudah dirework, Coba Incu Test kembali untuk di Jalankan, Tanpa BDROOM dipasangkan, Body atau cassing, PS3nya, Incu copot aja, Yang dipasang,  hanya Power, Mainboard PS3nya, Yang dijepit heatsink aja, Test, Dan coba di jalankan dalam 60 detik, Ingat jangan lama-lama,  Karena IC RSX dijepit tanpa menggunakan thermal pasta, Berikan saja tempelan Karton, Dan pasangkan plat penjepitnya,  Soalnya kalo sudah dipasang thermal pasta, Lantas ditest dan hasilnya, Masih YLOD,  Atau kipasnya masih ngebut,  Tentu incu akan rugi menggunakannya.
Kalo dalam 60 detik, Ternyata jalan, Normal, Matikan PS3nya, Dan segera buka heatsink PS3nya, Berikan Thermal Pasta, Yang bagus, Dan cabut saja kartonnya, Ingat memilih Thermal Pasta sebaiknya yang menggunakan dasarnya "Base Ceramic". Kemudian kalo ada dan kalo bisa, Sebaiknya Incu beli atau minta digantikan kipasnya pada tukang service, Yang Bilah nya berjumlah 19, sekali lagi kalo ada, karena dengan kipas dengan bilah yang banyak,  sekitar 19, Tiupan angin yang dihasilkanya, jauh akan lebih besar.

Dan menurut saya, tidak hanya sampai disitu saja Incu bekerjannya, Incu sebaiknya Tidak lagi menggunakan tegangan 3.3V lagi, Matikan saja otomatis sensornya, Jadikan langsung tegangannya menjadi 12V, agar PS3nya bekerja lebih maksimal lagi, Tidak lagi menunggu sensor thermal IC bekerja, Baru kipas 12V bekerja, Kipas 12V sebaiknya dari awal main hingga akhir main, saran saya, langsung aja ngebut di 12V, karena kalo rental, dipake ngga kira-kira, masa kipasnya di iprit-iprit, Ya jenong hasilnya Kena YLOD ataupun GLOD,Gituh kata saya Cu...!!!!

Bagaimana Melakukannya?
Mudahkah? termasuk jika Incu pemilik Rental yang ngga pernah pegang osiloskop?
Gampang, Dengan hanya tahu dan ngerti pake  Avometer, sudah cukup,
Hanya untuk modif kipas langsung ON, Mudahlah..
Share this article :

1 komentar:

terima kasih atas kunjunganya.jika ada hal yg ingin ditanyakan di artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda.