Home » , » Hal-hal yang membuat PC menjadi lambat

Hal-hal yang membuat PC menjadi lambat

ada Hal-hal yang membuat PC menjadi lambat.

Ketika mencoba komputer baru yang baru kamu beli, maka kamu akan merasakan bahwa komputer itu berjalan dengan kecepatan super. Tapi setelah beberapa bulan, kecepatan tersebut sedikit demi sedikit akan terus berkurang.baca juga game online paling populer di indonesia

Ada beberapa masalah mengapa sebuah komputer tidak berjalan secara optimal. Syukurlah, semua masalah itu mudah untuk diperbaiki. Baca terus artikel ini untuk mengetahui apakah kendala yang bisa memperlambat PC milikmu, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya.




Startup berlebihan

Sebagian besar aplikasi yang kamu instal biasanya otomatis menambahkan shortcut kedalam folder Start Up. Hal ini mengakibatkan ketika PC melakukan startup membutuhkan waktu lebih lama karena harus membuka aplikasi itu semua. Jika dulu komputermu berjalan dengan kecepatan cahaya sementara sekarang lebih lambat daripada nenek-nenek yang menyebrang jalan, maka ini adalah masalah kamu.

PENYELESAIAN: Dengan mengakses perintah MSCONFIG melalui aplikasi run, lalu klik ke tab Startup yang ada di bagian atas. Hapuslah centang dari program yang tidak penting dari list. Seperti iTunes, kamu tidak benar-benar butuh iTunes terbuka pertama kali ketika kamu menyalakan PC, bukan?

Terlalu banyak file-file sementara

Setiap kali kamu membuka halaman web, menonton video, melihat foto atau bahkan mengetik di Microsoft Word, komputer akan menyimpan file sementara tersebut agar bisa terbuka dengan lebih cepat diwaktu lain. File-file ini menumpuk seiring waktu dan mengakibatkan jalannya komputer semakin melambat, terlebih file-file ini biasanya berada di drive OS komputermu.

PENYELESAIAN: Fengan menjalankan Windows Disk Cleanup, ada di Accessories dibagian system tools, secara teratur

Fragmentasi Hard disk

Ini adalah masalah klasik, tapi masih sering terjadi. Fragmentasi Hard disk ini terjadi ketika sistem file tidak bisa atau tidak mau menempatkan beberapa ruang untuk menyimpan file. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam file tersebut dan membuat file tersebut berjalan lebih lambat daripada yang seharusnya. Terkadang kesenjangan ruang terjadi ketika sistem OS menghapus file-file yang tidak dibutuhkan lagi. (Hal ini aman, OS komputermu lebih pintar dari yang kamu bayangkan)

PENYELESAIAN: Dengan menjalankan Disk Defragmenter, ada di Accessories, secara berkala. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan komputer ketika proses Disk Defragmenter berjalan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan fragmentasi yang terjadi.


Program tidak terhapus instalasinya dengan benar

PC tidak bekerja seperti MAC, yang jika kamu tidak mau menggunakan sebuah aplikasi program hanya tinggal menghapusnya. Program yang tidak terhapus instalasinya dengan benar akan meninggalkan file sisa, dan menyebabkan komputermu melambat.

PENYELESAIAN: Dengan selalu menghapus instalasi program dengan uninstall.exe yang tepat, atau menghapusnya melalui Control Panel. Lakukan setahap demi tahap untuk menghapus file sisa dari folder secara manual setelah penghapusan instalasi. Hal ini termasuk game, add-ons pihak ketiga, screenshot, dan sebagainya.

Drive OS yang penuh

Banyak orang membuat kesalahan dengan menyimpan semuanya di drive C:/ mereka, dan biasanya drive itu menjadi tempat OS, atau operating system. Jika drive itu terlalu penuh, maka menjadikan kecepatan pemprosesan seluruh sistem komputer melambat.

PENYELESAIAN: Membuat partisi hard disk ke C:/ dan D:/ dan menyimpan semua datamu ke D:/. Dengan berkurangnya isi dari drive OS, maka membuat komputer berjalan lebih cepat. Kamu akan takjub dengan perubahan ini.

Latar Belakang Anti Virus

Anti Virus selalu membantu untuk mencegah virus, tapi terkadang malah bisa lebih bahaya dibandingkan baik. Karena anti virus selalu berjalan dan biasanya booting bersama komputer, dan ini akan membuat proses komputer berjalan lebih lambat.

PENYELESAIAN: Dengan menonaktifkan fasilitas auto scan dan update, atau beralih ke anti-virus yang lebih ringan, anti-virus yang freeware. Beberapa menyarankan memakai Avira dan AVG untuk anti-virus, tapi lebih baik kamu bertanya kepada salah satu teman kantormu yang geek apa yang dia gunakan untuk anti-virus.

Spyware dan Virus

Perangkat lunak / software yang berbahaya sering kali menyerang registry Windows atau file-file di sistem inti komputer dan memperlambat jalannya komputer. Software ini menyelinap masuk dari aplikasi yang kamu unduh secara online dan di instal ke komputer, atau bisa juga loncat dari website “aneh-aneh” yang kamu kunjungi.

PENYELESAIAN: Spyware dan virus bisa dihapus secara manual dengan cara dihapus dari registry, tapi beberapa ada yang “bandel” dan tidak bisa dihapus. Jika seandainya hal itu terjadi, bisa menggunakan automatic spyware remover, software penghilang spyware, yang bisa dicari melalui Google. Salah satu yang popular digunakan adalah Ad-Aware Spyware Remover. (ADK)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih atas kunjunganya.jika ada hal yg ingin ditanyakan di artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda.