Intro:
(untuk yang sudah tahu tentang desain dasar xbox 360 dan ps3, silakan di skip)


Desain Xbox 360

Xbox 360 di desain GPU fokus untuk mengerjakan grafis, CPU untuk kalkulasi non-grafis. CPU dan GPU dapat berbagi bersama dalam 512MB shared memory.



CPU - IBM Xenon
Digunakan processor 3 core, tiap core ada 2 thread sehingga terlihat seperti 6 core. Bisa di bilang prinsipnya mirip dengan processor Intel i5. Pada intel i5, terdapat 2 core, dan tiap core memiliki 2 thread sehingga seperti 4 core.
Performa teoritis CPU xbox 360 lebih rendah dari CPU PS3.

GPU - ATi Xenos
Digunakan GPU yang mengikuti standar DirectX9 tetapi dengan beberapa fitur tambahan modern non-DX9. GPU lawas ini memiliki fitur modern DirectX 11 dan 10 seperti tesselation, unified shader, dan lain lain. Selain itu juga tersedita 10MB eDRAM yang secara teoritis dapat memberikan bandwidth tanpa batas untuk digunakan GPU.
Performa teoritis GPU xbox 360 lebih tinggi dari GPU PS3.

Memory
Digunakan 512MB shared memory. Jadi system dan GPU dapat berbagi kapasitas memory secara bersama, sesuai kebutuhan.

_______________________________________
Desain PS3

PS3 memiliki desain yang unik.
CPU yang terdiri dari 1 core utama (PPE) dan 7 core pembantu (SPE) menjadi 1 kesatuan CPU CELL. Pada unit retail, dari 7 SPE di disable 1.



CPU - IBM-SONY-TOSHIBA CELL
Digunakan processor 8 core yang terdiri dari 6 core pembantu (+1 core pembantu yg rusak/dimatikan) dan 1 core utama. Desain unik ini membuat CPU PS3 dapat bekerja sangat cepat dan lebih efisien untuk melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan.
Performa teoritis CPU PS3 lebih tinggi dari CPU Xbox 360.

GPU - NVIDIA RSX
Digunakan GPU kelas DirectX9 tanpa ada fitur modern tambahan. GPU lawas ini benar-benar GPU kelas DirectX9 seperti yang ditemukan di PC. Kabarnya GPU PS3 ini mirip dengan GeForce 7800 di PC.
Performa teoritis GPU PS3 lebih rendah dari GPU Xbox 360.

Memory
Digunakan 256MB memory di dedikasikan secara khusus untuk sistem dan 256 MB di dedikasikan khusus untuk GPU. Awalnya PS3 GPU tidak bisa menggunakan 256MB memory sistem, jadi GPU benar benar terbatas dengan 256MB memory GPU. Tetapi belakangan ini, SONY sudah memberikan trik-trik agar GPU juga bisa memanfaatkan memory sistem (256MB + 256MB), sehingga sifat memory mirip dengan Xbox 360 512MB.
Cara yang digunakan tidak diketahui secara pasti, tetapi kemungkinan menggunakan jalur yang berputar-putar agar akhirnya GPU bisa ikut mengakses memory sistem.


Proses porting game dari Xbox 360 ke PS3.
Membuat game di Xbox 360 relatif mudah karena programmer yang sudah biasa dengan desain PC, akan bisa menerapkan berbagai pengetahuanya di Xbox 360. Tetapi ketika game Xbox 360 dirubah untuk dijalankan di PS3, developer harus berfikir keras karena desain PS3 yang unik.




Dari tabel diatas dapat dilihat beberapa perbedaan dari Xbox 360 ke PS3. Developer harus segera memikirkan langkah apa yang harus diambil agar game yang ada di Xbox 360 juga bisa berjalan dengan baik di PS3. Semua itu juga harus dilakukan secepat mungkin karena adanya keterbatasan dana, waktu, tenaga kerja, dan berbagai faktor lain.

CPU
Sebelum dimulai mari kita lakukan permisalan dahulu. Soalnya desain CPU PS3 itu kelewat unik haha.

Core Utama = Arsitek
Core Pembantu = Tukang.
GPU PS3 = Tugas tambahan
Beban kerja di Xbox 360 di desain untuk dipikirkan oleh 3 orang arsitek, tiap arsitek diberi 2 tugas, sehingga total 3 arsitek itu harus menyelesaikan 6 tugas. Nah ketika masuk ke PS3, Bagaimana cara membuat 6 tugas yang di desain untuk 3 orang arsitek ini bisa dijalankan dengan baik di PS3 yang hanya memiliki 1 arsitek?

Tentunya kalau 1 arsitek dipaksa bekerja seperti 3 arsitek, kepalanya bisa pusing tujuh keliling kan
Nah di keadaan seperti ini, developer biasanya menyuruh 6 tukang PS3 untuk mengambil alih pekerjaan 2 arsitek. Sehingga di PS3 ada 1 Arsitek + 2 Arsitek jadi-jadian.

Sayangnya pak tukang kalau dikasih masalah, pekerjaan, dan tugas seorang Arsitek kepalanya pak tukang jadi pusing. Selain itu pak tukang juga masih harus memikirkan tugas tambahan yang juga harus selesai hari ini. Akhirnya 2 Arsitek jadi-jadian ini tidak bisa bekerja sebaik Arsitek asli.
Sehingga hasil kerja 3 Arsitek asli Xbox 360 akan lebih bagus dari hasil kerja 1 Arsitek asli PS3 + 2 Arsitek jadi-jadian PS3. Makanya game di PS3 kualitasnya turun.

Hal itu yang terjadi selama ini, tapi untungnya lama lama para developer pun tahu cara melatih para tukang agar bisa melakukan tugas arsitek dengan cukup baik. Makanya lama-lama game multiplatform Xbox 360 dan PS3 semakin tipis perbedaannya.

GPU
Para pembuat game di Xbox 360 dimanjakan dengan berbagai fitur modern dan fitur-fitur ini semuanya di dokumentasikan dengan jelas. Cara-cara menggunakan dan memaanfaatkannya dengan baik pun sudah ada semua. Semua itu dikemas dalam API DirectX9 yang telah di modifikasi.
Game dari Xbox 360 yang dirubah ke versi PS3 akan mengalami berbagai masalah karena GPU PS3 memang tidak dapat melakukan berbagai hal modern yang dilakukan GPU xbox 360. Dan tidak ada standar API yang jelas, apa saja yang bisa dilakukan developer.
Misalnya sebuah fitur yang disebut Tesselation, GPU Xbox 360 memiliki hardware tesselator. Sedangkan GPU PS3 samasekali tidak memilikinya. Dan tidak ada info dari SONY developer harus bagaimana.
Lalu bagaimana agar game xbox 360 bisa jalan di PS3?

Ternyata ada banyak cara, tapi ada 2 yang paling sering digunakan.
Cara 1: Langsung buang saja fitur/efek itu di versi PS3
Cara ini jelas memberikan penurunan kualitas yang parah di PS3. Banyak aset grafis yang ada di xbox 360, hilang di PS3. Contoh game yang melakukan hal ini adalah :

Bayonetta
Digital Foundry- Bayonetta Performance Analysis, Part 1 - Eurogamer Videos | Eurogamer.net (video)
Kemudian desain level di clock tower ketika jalan jalan. Di xbox 360 ada jalan memutar air mancur. Di ps3 tidak ada. (nggak ketemu screenshotnya sorry)


Mafia II




Cara 2: Teliti dan Temukan metoda baru yang memberi hasil mirip dengan apa yang terjadi di Xbox 360. Tetapi karena GPU PS3 yang merupakan desain kuno, GPU itu tidak cukup fleksibel untuk menerima metoda metoda baru ini. Developer akhirnya menyuruh CPU PS3 untuk mengerjakan pekerjaan GPU ini.
Cara ini membuat game PS3 bisa semirip mungkin dengan Game xbox 360. Tetapi cara ini membutuhkan tim developer dengan skill tinggi, dana, dan waktu. Sayangnya nggak semua developer punya kebebasan disitu. Biasanya kan paling gampang, developer itu dibatasi sama DEADLINE haha.
Contoh game yang melakukan ini adalah :

Force Unleashed II (belum terbit).
The Force Unleashed II nantinya akan menjadi game yang menarik. PS3 akan lebih bagus dari xbox 360 dalam menyajikan efek motion blurr. TFU II menggunakan 5-11 sample motion blur di Xbox 360, sedangkan di PS3 akan menggunakan 5 SPU secara paralel untuk menyajikan konstan 16 sample.

(gambar versi xbox, gambar versi ps3 belum ada)

Memory
Di misalkan Game xbox 360 menggunakan 384MB untuk keperluan GPU, kemudian 128MB untuk sistem.
Ketika di port ke PS3 langsung menabrak kendala kapasitas. PS3 untuk grafis (GPU) hanya tersedia 256MB. Bagaimana cara membuat 384MB bisa muat ke 256MB?

Ada 2 cara yang paling populer dilakukan developer:

Cara 1: Langsung saja turunkan resolusi texture secara drastis atau kurangi jumlah jenis texture. Sehingga total semua bisa muat di 256MB. Akibatnya game versi PS3 akan tampak lebih blur dan kehilangan detail. Contoh game yang melakukan ini adalah :

Bayonetta



Assassin's Creed ii




Mafia II.



Cara 2: Melakukan penelitian, dan temukan metoda terefisien agar GPU PS3 bisa streaming texture dengan lebih ekstrim, atau membuat GPU bisa ikut menggunakan memory sistem untuk keperluan grafis. Sehingga game versi PS3 dapat memiliki texture yang sama detail dengan versi xbox 360 atau minimal bisa mendekati kualitas xbox 360. Contoh game yang melakukan hal ini :

Resident Evil 5




Sebagian besar artikel ini berdasarkan wawancara dan analisa "Digitalfoundry" dan web web lain. Jadi kalau mau lebih lanjut, bisa di baca dari sini :
DigitalFoundry | Eurogamer.net
http://www.csh.rit.edu/~oguns/ps3
http://pc.watch.impress.co.jp/docs/c...30_377488.html

post ini sifatnya bukan mutlak pasti benar 100% seperti ini. Karena tertutupnya Sony dan info mengenai PS3 yang masih simpang siur dan SDK dari SONY itu sendiri sekarang keadaannya seperti apa juga belum ada kepastian.
Jadi kalau ada tambahan, sanggahan, dll monggo saya mohon post nya.