Home » » manfaat positif bermain game bagi kita

manfaat positif bermain game bagi kita

kadang banyak sekali orang berpandangan kalau game itu ga ada manfaatnya sama sekali,bahhkan banyak yg menganggap game hanyalah kegiatan yg ga ada fungsinya dan juga bikin seseorang jadi pemalas.contohnya di tempat saya tinggal bgtu sulit sekali membuat izin usaha yg berbau game,misalnya rental PLAYSTATION atau GAME ONLINE.yah tentunya banyak berbagai alasan dari para perangkat desa yg tidak memperbolehkanya.tp knp masih ada yg mengganjal di benak saya karena yg jualan MIRAS pun masih laris manis disini.seolah masyarakat tidak peduli.so...! what happen in here....?wakakakakakakkk
Video game seolah menjadi simbol dan sumber beragam masalah sosial, dari hilangnya produktivitas kerja, obesitas, agresivitas, hingga kriminalitas. Sementara bagi kita yang mengalami sendiri? Video game harus diakui menghadirkan banyak manfaat positif yang seringkali tidak dipahami oleh orang awam. Oleh karena itu, bukti-bukti harus dihadirkan untuk memberikan pemahaman yang lebih berimbang. Hal inilah yang dilakukan oleh Frugaldad.

Infogram terbaru yang dirilis oleh Frugaldad meramu semua efek positif yang mampu dihasilkan oleh video game dan penerapannya secara praktis di lapangan. Dari semua aspek kehidupan yang berputar di sekitar kehidupan manusia, video game tidak hanya menjadi sebuah media hiburan digital, tetapi juga sebuah teknologi dengan beragam tujuan. Bukti-bukti faktual menunjukkan bahwa video game nyatanya memang memberikan lebih banyak efek positif bagi para gamer. Apa saja buktinya?



Ada banyak video game yang didesain sebagai media terapi, sebagai solusi penyembuhan untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus. Contohnya? Game berjudul SnowWorld dihadirkan untuk membantu para penderita luka bakar untuk melupakan rasa sakit mereka, SpiderWorld untuk mengatasi arachnophobia, dan Chez Fortune untuk melawan adiksi pada judi.
Konsep bahwa gamer adalah anti-sosial terbukti salah. 65 persen gamer bermain dengan kehadiran temannya secara fisik di sekitar mereka. World of Warcraft sendiri bahkan memiliki 12 juta pemain di seluruh dunia yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi.
Gaming menghancurkan pernikahan? Penelitian membuktikan bahwa 76% dari pasangan sudah menikah yang bermain MMORPG bersama akan terlibat dalam pernikahan yang lebih positif.
Video game dapat membuat anak-anak berusia 4 dan 5 tahun untuk belajar pengenalan huruf dan pemahaman cerita lebih baik.
Lebih dari 100 perusahaan terbesar dan terkaya di dunia menggunakan video game sebagai bagian dari pelatihan karyawan mereka.
Dengan bantuan game seperti Galaxy Zoo, para astronot berhasil menemukan lebih dari 50 juta galaksi baru di semesta selama 1 tahun pertama.
Para peneliti belajar banyak tentang genetika lewat game seperti Eterna dan Foldit.
Pemain Call of Duty dan Halo memiliki kemampuan memperhatikan detail dan mempelajari runtutan kejadian 30-50% lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memainkan game ini.
Anak-anak yang memainkan Tetris selama 30 menit setiap hari selama tiga bulan akan memiliki koordinasi dan kemampuan mengolah informasi visual dengan lebih sempurna.
Game-game action beritme cepat dapat membantu meningkatkan kemampuan mata dan menyembuhkan “mata malas”
Para ahli bedah yang sering memainkan game dapat melakukan operasi bedah 27% lebih cepat dengan tingkat kelalaian 37% lebih rendah.
Efek-efek positif ini hanya bisa didapatkan jika gamer tidak memainkan game lebih dari 21 jam per minggu.

Di luar dari fakta-fakta di atas, sebagian besar gamer, termasuk Anda dan saya tentu merasakan beragam efek positif yang tidak berada di dalam list. Salah satu yang saya rasakan secara langsung? Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris yang signifikan dan respon mata yang lebih sigap. Bagaimana dengan Anda sendiri? Efek positif apa yang pernah Anda dapatkan dari bermain game selain kesenangan?
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih atas kunjunganya.jika ada hal yg ingin ditanyakan di artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda.