Home » » fitur yg Ditawarkan oleh NINTENDO pada E3 2013

fitur yg Ditawarkan oleh NINTENDO pada E3 2013



Dibandingkan dengan Sony dan Microsoft, fokus perhatian dunia memang lebih tertuju kepada “ikon” dunia game – Nintendo di ajang E3 2012 ini. Walaupun ketiga produsen ini menawarkan segudang produk berkualitas yang dapat dinikmati gamer di masa depan, Nintendo mempersiapkan sesuatu yang lebih. Benar sekali, ketika Sony dan Microsoft “menjual” game-game eksklusif yang pantas untuk diacungi jempol, Nintendo datang dengan senjata yang lebih mumpuni – sebuah konsol baru. Seperti yang sudah diprediksikan dan dijanjikan, Nintendo memang menjadikan E3 2012 ini sebagai ajang untuk mengenal konsol terbaru mereka – Nintendo Wii U.

Sejak awal konferensi pers, Nintendo sudah mewanti-wanti bahwa event ini akan didominasi oleh segala sesuatu yang berhubungan dengan Nintendo Wii-. Setelah konferensi pers yang membingungkan dan terhitung kacau pada E3 tahun lalu, ini akan menjadi kesempatan yang tepat bagi Nintendo untuk menebus diri. E3 2012 menjadi waktu yang krusial untuk memperlihatkan semua hal yang bisa dilakukan oleh Nintendo Wii-U, dari kemampuan kasar, fitur, hingga game eksklusif yang akan hadir di masa depan. Seperti yang sudah kita tahu, Wii-U seringkali diklaim sebagai sebuah konsol yang jauh lebih kuat dan lebih baik dibandingkan XBOX 360 dan Playstation 3. Mampukah Nintendo membuktikan diri? Apa saja yang mereka tawarkan di E3 2012 ini?
It’s All About Nintendo Wii-U!



Seperti yang sudah dapat diprediksikan sebelumnya, Nintendo Wii-U memang menjadi primadona utama di ajang konferensi pers Nintendo kali ini. Seolah ingin menebus kesalahan yang terjadi tahun lalu, Nintendo memperlihatkan segudang hal yang bisa dilakukan oleh Nintendo Wii-U, baik dari perangkat keras, perangkat lunak, hingga fitur yang akan diembannya. Dari pengenalan gamepad, konsep asymetrical gaming, lebih banyak game Mario (seperti yang sudah dapat diprediksikan), dan pengenalan peripheral lanjutan yang akan mendukung Nintendo Wii-U di masa depan. Game-game eksklusif? Sayangnya tidak sebanyak yang diharapkan. Sayangnya, konferensi pers ini tidak ditutup dengan penjelasan dengan harga dan tanggal rilis yang pasti.
Nikmati Petualangan Epik di Pikmin 3!



Salah satu franchise terbaik yang pernah hadir di Nintendo – Pikmin akhirnya dikonfirmasikan akan hadir untuk Nintendo Wii-U. Dengan penggunaan gamepad dan Wii-mote, Pikmin 3 memang menjadi salah satu franchise terbaik yang ditawarkan oleh Nintendo Wii-U sementara ini. Dengan penggunaan gamepad dan wii-mote, salah satu seri terbaik di GameCube di masa lalu ini akhirnya “dihidupkan” kembali dan menjanjikan segudang pengalaman baru dengan mode multiplayer yang jauh lebih baik. Tidak diragukan lagi, ia akan menjadi salah satu pondasi utama kekuatan Wii-U di masa depan.
Lebih Banyak Franchise Mario! Yeay!



Apalah arti Nintendo tanpa kehadiran Mario? Sebagai salah satu franchise terbesar yang pernah hadir di industri game, Mario memang selalu identik dengan kesuksesan. Dan seperti yang sudah dapat diprediksi sebelumnya, Nintendo Wii-U akan menghadirkan segudang franchise Mario. Sementara ini, sudah dua judul yang dipersiapkan: Super Mario Bros U yang akan mengusung mekanisme gameplay Mario dua dimensi dengan beragam elemen baru serta Paper Mario: Sticker Star yang unik. Walaupun tidak mengusung kualitas grafis ala game-game berat saat ini, namun seri baru Mario ini memang harus diakui tampil dalam visualisasi yang lebih menwan.
Game-game “Hardcore” Apa yang Ditawarkan?



Seperti yang sudah diprediksikan di awal, Nintendo memang berusaha mengambil kebijakan yang berbeda dengan Wii-U. Jika di masa lalu mereka lebih berfokus untuk menghasilkan sebuah game yang mengusung gameplay yang lebih berfokus pada fun dan keluarga, Wii-U datang dengan konsep konsol yang menyerupai XBOX 360 dan Playstation 3, dimana game-game hardcore untuk para gamer yang lebih “serius” dipersiapkan. Lewat sebuah medley pendek, Nintendo memperkenalkan game-game hardcore yang akan dirilis untuk Wii-U di masa depan, termasuk segudang game-game lawas yang sudah dirilis untuk konsol lain terlebih dahulu. Seri-seri game ini hanya mendapatkan perombakan fitur agar dapat diadaptasikan dengan kontroler gamepad unik milik Wii-U. Game-game tersebut antara lain: Batman: Arkham City – Armored Edition, Mass Effect 3, dan Aliens: Colonial Marines. Sayangnya tidak ada demo gameplay secara langsung yang memperlihatkan seberapa kuat Wii-U sebenarnya memainkan game-game ini.
ZombiU – Game yang Paling Pantas untuk Diantisipasi!



Sejauh mata memandang, hampir tidak ada satupun game yang tampil begitu memesona di konferensi pers Nintendo Wii-U ini. Sebuah game yang mampu membuat gamer memantapkan diri dan akhirnya memutuskan untuk membeli konsol teranyar milik Nintendo ini. Dari semua game yang ditawarkan, hanya ZombiU dari Ubisoft yang berhasil menarik perhatian. Hadir dalam format FPS, ZombiU akan memaksimalkan semua fitur Wii-U dan mengadapatasikannya dalamn gameplay. Gamepad yang Anda gunakan akan menjadi device yang akan membantu Anda bertahan hidup dari gempuran para zombie. Selain memberikan perspektf yang berbeda, gamepad ini akan berfungsi sebagai inventory, crosshair, hingga sonar. Sebuah game yang memang pantas untuk dinantikan.




Wii Fit U – Peripheral Tambahan di Masa Depan



Gamer yang sudah dekat dengat dengan Nintendo Wii tentu mengenal perangkat tambahan Balance Board yang digunakan untuk game-game yang berhubungan dengan olahraga dan olah fisik. Nintendo Wii-U juga tidak berbeda. Nintendo memperkenalkan Wii Fit U yang akan membuat pengalaman olah fisik ini tampil lebih maksimal. Berbagai game baru yang mendukung peripheral ini juga akan dipersiapkan dengan tingkat kompleksitas gerakan yang lebih akan lebih menuntut Anda untuk menggerakkan badan lebih banyak. Selain itu, Nintendo Wii-U juga akan menghadirkan sebuah perangkat portable Wii Fit U yang akan mampu membaca sebanyak apa Anda bergerak dan mengirimkan data tersebut ke konsol di rumah.
NintendoLand – Taman Impian Bagi Para Penggemar Nintendo?



Untuk mendukung konsep permainan online yang lebih mumpuni untuk Wii-U, Nintendo sendiri sudah mempersiapkan segudang fitur baru yang akan mampu membuat para gamer Wii-U untuk saling terkoneksi satu sama lain setiap saat, salah satunya adalah NintendoLand. Seperti halnya konsep Playstation Home yang ditawarkan Sony, NintendoLand adalah taman bermain yang akan menjadi tempat berkumpul bagi para gamer Nintendo Wii-U, tidak hanya untuk sekedar berbagi informasi dan berinteraksi, tetapi juga bermain game bersama. Sayangnya Nintendo tidak memberikan detail yang lebih jelas untuk konsep ini di ajang E3 kemarin. Namun menurut informasi yang didapatkan dari media luar negeri yang berkesempatan untuk menjajalnya secara langsung di booth, NintendoLand menyediakan beberapa mini game yang memungkinkan gamer berkompetisi atau bermain secara kooperatif dengan tema game yang dekat dengan franchise raksasa Nintendo.
Konsep Baru yang Diperkenalkan Wii-U? Asymetric Gameplay




Jika Wii datang dengan konsep motion sensor yang kemudian menjadi tren dan diikuti oleh kompetitor yang lain, lantas inovasi apa yang berusaha dibangun oleh Wii-U? Sejak awal, Nintendo memperkenalkan apa yang disebut sebagai sebuah konsep “Asymetric Play”, dimana gamer akan terlibat dalam sebuah game dengan peran-peran masing-masing. Sebagian besar game saat ini hanya memberikan Anda dua kubu permainan, jika Anda tidak saling membantu maka Anda akan saling berkompetisi satu sama lain. Sementara, Asymetric Gameplay memberikan diversifikasi peran. Mereka yang memainkan game dengan kontroler gamepad akan memberikan nilai tambah pada permainan, baik sekedar sebagai pengawas maupun musuh bersama. Sementara gamer lain yang menggunakan Wii-mote akan bermain secara kooperatif.
Pada Akhirnya – Pesona Lego City: Undercover!



Ini mungkin bagian teraneh dari konferensi pers Nintendo. Jika Sony dan Microsoft tampil memukau lewat game-game hardcore dari franchise-franchise raksasa, Nintendo justru berhasil menghadirkan satu judul game yang tampil sangat menarik – yang uniknya justru datang dari franchise Lego. Adalah Lego City: Undercover, sebuah seri terbaru dari dunia LEGO yang mendorongnya ke batas yang baru. Anda akan berperan sebagai agen kepolisian yang bertugas menumpas kejahatan dalam sebuah dunia open-world ala GTA. Anda juga bisa menyamar dan memerankan berbagai pekerjaan dengan fungsi masing-masing. Di ajang E3 2012 Nintendo, Lego City: Undercover lah yang akhirnya berhasil merebut hati para gamer. Setidaknya cukup untuk meyakinkan gamer untuk membeli konsol teranyar ini.

Dengan berakhirnya konferensi pers yang diselenggarakan oleh Nintendo, maka berakhir pulalah ajang unjuk gigi tiga pemain besar di industri game: Nintendo, Sony, dan Microsoft. Mana yang menurut Anda sebagai konferensi terbaik di antaranya? Game mana yang paling Anda tunggu?
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih atas kunjunganya.jika ada hal yg ingin ditanyakan di artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda.