Home » » fitur yg Ditawarkan oleh Sony pada E3 2013

fitur yg Ditawarkan oleh Sony pada E3 2013



Mata sebagian besar gamer di seluruh dunia saat ini tentu saja menuju ke arah Electronic Entertainment Expo (E3) yang kini sedang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat. Sebagai salah satu ajang eksibisi game terbesar di dunia, E3 memang menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan update-update terbaru dari para developer, publisher, dan produsen yang terkait dengannya. Setelah pembukaan “epik” yang dilakukan oleh Microsoft melalui judul-judul eksklusif dan judul-judul besar lainnya yang ditawarkan oleh developer pihak ketiga, kini giliran sang pesaing – Sony yang membuktikan diri.

Tahun 2012 memang bukan tahun yang mudah untuk Sony. Playstation Vita yang dharapkan menjadi tulang punggung ternyata belum mencapai tingkat kesuksesan yang memuaskan. Penurunan saham dan kerugian besar yang terus melanda membuat saham Sony jatuh ke tingkat terendah semenjak tahun 1984. Namun, “musibah” yang terjadi sehari sebelum hari penyelenggaraan E3 ini tidak membuat Sony Entertainment kehilangan sentuhan “magis”nya. Dibandingkan dengan press con yang diselenggarakan Microsoft, Sony mampu membangun atmosfer yang jauh lebih positif dan epic. Semuanya berkat pengumuman judul-judul eksklusif baru yang luar biasa. Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh Sony di ajang E3 2012 ini?

Beyond – Two Souls: Mahakarya Terbaru dari Quantic Dreams



Hampir semua gamer Playstation 3 tentu mengenal nama besar Heavy Rain, sebuah seri interaktif yang tidak hanya mengusung visualisasi yang fantastis, tetapi juga plot yang mampu membuat gamer terserap dalam emosi yang unik. Setelah sempat memperkenalkan engine terbaru mereka lewat demo KARA, Quantic Dreams – developer yang bertanggung jawab atas seri ini, datang dengan sebuah kejutan baru. Lewat press con ini mereka memperkenalkan sebuah judul eksklusif Playstation 3 yang baru – Beyond: Two Souls. Anda akan menyelami kehidupan Jodie Holmes semenjak ia kecil hingga tumbuh dewasa. Bukan sekedar gadis biasa, Holmes memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan makhluk, yang disebut Quantic Dreams, sebagai entitas yang tidak terlihat. Selain mengusung engine baru yang lebih mumpuni, Beyond diklaim akan tampil sebagai sebuah game unik yang akan memainkan emosi para gamer. Yang lebih luar biasa? Karakter Jodie Holmes ini akan diperankan oleh aktris Ellen Page. Wow!

Fitur Cross-Compatible PS3 & PS Vita: Demo Lewat Playstation All-Star Battle Royale!



Dua orang memainkan Playstation Battle Royale ini dengan kontroler PS3, sementara 2 lainnya memainkannya dengan PS Vita. Inilah konsep Cross-Compatible (Cross-Play)

Sony memang sudah mengkonfirmasikan kehadiran sebuah game fighting fun dengan konsep yang menyerupai Super Mario Brawl dari Nintendo. Bedanya? Ia akan menghadirkan segudang karakter-karakter ikonik yang pernah bergabung di dalam dunia “magis” Sony Playstation. Demo gameplay yang diselenggarakan di ajang ini memperlihatkan beberapa karakter seperti Kratos, Fat Princess, dan Sweettooh. Namun game ini yang menjadi fokus. Lewat demo yang sama pulalah, Sony memperkenalkan sebuah fitur baru bernama “CROSS – PLAY” yang memungkinkan gamer pengguna PS Vita dan Playstation 3 untuk bergabung di dalam game yang sama dan saling berkompetisi. Playstation All-Star Battle Royale akan menjadi game pertama yang mengusung fitur ini dan disusul dengan Little Big Planet 2. Ini tentu menjadi alasan ekstra bagi para gamer untuk membeli semua produk Sony sebagai satu kesatuan pusat hiburan yang saling terintegrasi. Selain itu, Playstation All-Star Battle Royale juga memperkenalkan dua karakter baru yang akan bergabung: Nathan Drake dari Uncharted dan Big Daddy dari Bioshock.

PS Vita Dapatkan Dua Judul Game Eksklusif!





Popularitas PS Vita memang harus diakui tidak berada dalam kondisi terbaiknya. Harga yang terhitung mahal dan game eksklusif yang masih terhitung minim menjadi alasan di balik kelesuan pasar handheld teranyar ini. Namun Sony tentu tidak berpangku tangan melihat fenomena yang penuh dengan aura negatif ini. Mereka memperkenalkan dua judul game eksklusif baru yang akan menghampiri PS Vita di tahun 2012 ini. Game pertama adalah Call of Duty: Black Ops Declassified yang sayangnya, tidak mendapatkan trailer atau teaser sama sekali. Game kedua? Adalah seri Assassin’s Creed yang sempat kita bahas sebelumnya – Liberation. Walaupun mengusung karakter utama yang berbeda, AC III tetap datang dengan mekanisme gameplay yang serupa. Benar sekali, Anda akan menemukan dunia open-world yang sama epiknya dengan AC III versi konsol di perangkat handheld ini. AC III: Liberation sendiri direncanakan akan dirilis pada Oktober 2012 mendatang.

Simak Pertempuran Laut yang Epik di Assassin’s Creed III



Ubisoft tampaknya akan menjadi developer yang “dekat” dengan Sony di tahun 2012 ini. Selain mengumumkan AC III: Liberation secara resmi untuk PS Vita, Ubisoft juga tidak melewatkan kesempatan ini untuk memperlihatkan demo gameplay Assassin’s Creed III yang jauh berbeda dibandingkan dengan gameplay AC III yang selama ini hanya kita lihat lewat teaser dan trailer. Perang Revolusi Amerika tidak hanya membawa Connor bertempur di darat, tetapi juga laut yang ganas. Walaupun tidak datang dengan plot yang jelas, demo ini memperlihatkan Connor – sang karakter utama dari seri ini sebagai seorang kapten kapal perang masa lampau. Sembari mengarungi lautan, kapal yang dipimpin oleh Connor harus berhadapan dengan kapal-kapal perang lain dalam sebuah pertempuran yang epik. Dentuman puluhan meriam dan ledakan yang membahana tampil semakin “manis” dengan efek badai yang membuat lautan bergerak dinamis. Luar biasa!

Mengintip Multiplayer Far Cry 3



Di kesempatan yang sama, salah satu seri FPS yang cukup diantisipasi – Far Cry 3 juga menunjukkan diri di ajang ini. Tanpa berbasa-basi dengan plot cerita dan karakter yang akan dihadirkannya, Ubisoft langsung memperlihatkan apa yang ditawarkan oleh Far Cry 3 ini. Dengan setting lingkungan tropis yang indah, gamer dibawa dalam sebuah pertempuran epik melawan kelompok bersenjata dalam jumlah yang besar. Untungnya, Anda bisa membawa teman-teman Anda (hingga 4 orang) untuk bergabung dan membantu Anda. Seperti layaknya sebuah game multiplayer online yang lain, Anda hanya perlu menyelesaikan misi-misi tertentu sembari saling mendukung. Dari demo sekilas, setiap karakter tampaknya memiliki karakteristik senjata dan “job” masing-masing. Sebuah kesan pertama yang pantas untuk diacungi jempol.
Wonder Book – Konsep Buku Masa Depan



Pergeseran dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini memang membuat eksistensi buku secara fisik tidak lagi sesuatu yang dianggap penting. Para penikmat tulisan kini dapat mudahnya berselancar di dunia maya dan membeli buku-buku favorit mereka secara online. Namun, inovasi terbaru yang dihadirkan Sony seolah menjadi jembatan bagi fenomena ini, sebuah buku fisik “tradisional” dengan teknologi tingkat tinggi yang disematkan di dalamnya. Perkenalkan Wonder Book, sebuah konsep buku masa depan. Wonder Book bukanlah sebuah buku yang hanya sekedar berisikan tulisan dan gambar seperti buku-buku yang Anda kenal. Berkat teknologi Augemented Reality dan kemampuan Playstation Eye untuk mendefinisikannya, Wonder Book akan “menghidupkan” buku Anda dalam sebuah visualisasi tiga dimensi yang memesona. Tidak hanya itu saja, Sony juga sudah mempersiapkan beberapa judul game yang juga akan mendukung penggunaan Playstation Move untuk menghadirkan kesan interaktif yang lebih mendalam. Wow! Salah satu game perdananya – Book of Spells bahkan akan menggandeng sang penulis fenomenal – J.K. Rowling sebagai salah satu sarana untuk menyelami dunia Harry Potter lebih dalam.
This is……KRATOS!!



Membicarakan game eksklusif Playstation terbaik, berarti membicarakan Kratos dan franchise epiknya – God of War. Walaupun petualangan balas dendamnya sendiri sudah berakhir di seri ketiga, Sony Santa Monica datang dengan sebuah seri prekuel – God of War: Ascension yang akan menghadirkan timeline sebelum perjalanan panjang Kratos di mulai di God of War pertama. Setelah sempat menghadirkan sedikit intipan tentang gameplay multiplayernya, Sony akhirnya memberikan sedikit intipan untuk single player God of War: Ascension. Memerankan Kratos yang tampak jauh lebih muda, Anda akan dibawa pada gaya hack and slash yang tidak banyak berbeda dibandingkan seri God of War selama ini. Pertempuran berjalan cepat dan brutal. Berbagai cut-scene sinematik dan aktif juga tetap dihadirkan di dalamnya. Yang berbeda? Kratos kini memiliki kemampuan untuk mengambil senjata musuh dan menggunakannya. Selain itu, Kratos juga terlihat memiliki kemampuan untuk menghentikan dan memundurkan waktu pada objek-objek tertentu. Anda masih akan melihat banyak darah dan monster-monster berukuran raksasa (bahkan sekelas Kraken!) di seri terbaru ini.
Tepuk Tangan Paling Meriah untuk Naughty Dog!



Uncharted sudah diakui merupakan salah satu franchise game action terbaik yang pernah dihadirkan di industri game. Mahakarya yang dibangun oleh Naughty Dog ini memang selalu datang sebagai sebuah paket yang lengkap, dari cerita, mekanisme gameplay, visualisasi, hingga voice act yang luar biasa. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak gamer yang menantikan munculnya The Last of Us – sebuah judul survival horror eksklusif Playstation 3 dari Naughty Dog. Setelah sempat ditampilkan dalam teaser dan trailer belaka, Sony akhirnya memperlihatkan gameplay The Last of Us di ajang E3 2012 ini. Hasilnya? Luar biasa! The Last of Us menampilkan sebuah kualitas Playstation 3 dalam bentuk yang paling maksimal. Visualisasi setting yang indah dibalut dengan desain karakter yang apik menjadi kesan pertama yang mengundang decak kagum. Atmosfer survival horror yang ditawarkan juga terasa kentara lewat mekanisme gameplay yang ada. Hebatnya lagi? AI sang karakter wanita – Ellie sangat mendukung gerak utama sang karakter, bahkan terhitung sangat suportif dan cerdas. The Last of Us akan menjadi pilar utama kekuatan PS 3 di masa depan. Salute!

Demikian adalah hal-hal yang pantas untuk diperhatikan dari konferensi pers yang diselenggarakan Sony di E3 2012. “Produk” mana yang paling menyita perhatian Anda? Dengan dua kekuatan besar – Sony dan Microsoft yang sudah mempresentasikan produk-produk terbaru mereka, kini tinggal Nintendo saja yang masih menjadi “rahasia” besar di E3 2012.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih atas kunjunganya.jika ada hal yg ingin ditanyakan di artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda.