Home » » game yg menistakan agama

game yg menistakan agama



Kreativitas dan norma memang bukanlah dua konsep yang saling bersahabat. Di satu sisi, kreativitas datang dengan kebebasan untuk mengekspresikan diri tanpa batas, sementara norma memberikan lingkup tertutup akan apa yang pantas atau tidak. Bayangkan jika kedua hal ini bertemu di dalam sebuah “alternatif dunia” seperti video game. Tidak jarang kita menemukan game yang menghadirkan tema agama sebagai bagian dari plot utama dan kemudian mengacak semua konsep dan basis agama yang kita ketahui. Namun benarkah video game muncul sebagai media yang menistakan agama?
Greg Perreault dari University of Missouri melakukan penelitian tentang bagaimana sebagian besar video game memandang agama sebagai sebuah “inti masalah” dan berhubungan erat dengan kekerasan. Game-game seperti Final Fantasy XIII, Assassin’s Creed, Castlevania: Lords of Shadow, Mass Effect, adalah sedikit dari banyak contoh game yang memasukkan “agama” sebagai dasar plot utama dan memutarbalikkannya. Bagi Perreault, apa yang dilakukan oleh developer hanyalah bagian dari usaha untuk menciptakan sebuah kesatuan naratif yang lebih menarik dan bertindak sebagai stimulasi bagi gamer, tanpa ada keinginan secara sengaja untuk menyerang agama tertentu.


Penggunaan sosok sang iblis - Lucifer sendiri sudah memancing kontroversi untuk seri Shin Megami Tensei
Sebagian besar gamer yang lama malang melintang tentu sudah mencicipi banyak game yang menjadikan “agama” sebagai inti permasalahan. Tidak jarang jika kita bahkan harus berakhir pada misi untuk “Membunuh Tuhan”, “Menjadi Nabi”, atau “Berpihak di sisi Iblis”, sebuah konsep yang tentu bertentangan dengan apa yang kita percayai di dunia nyata. Apakah cerita seperti ini cukup kuat untuk memindahkan pondasi keimanan? Semuanya tergantung pada sudut pandang yang Anda gunakan atau seberapa Anda merasa nyaman untuk terus menjalaninya. Karena pada akhirnya, keputusan berada sepenuhnya di tangan Anda.
Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda merasa merasa bahwa beberapa game memang menistakan agama yang Anda percayai?
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih atas kunjunganya.jika ada hal yg ingin ditanyakan di artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda.